Danau Tamblingan, Keindahan alam dan Spiritual Yang Harmonis

Danau Tamblingan merupakan danau dengan keindahan yang memikat. Danau Tamblingan ini hampir sama dengan Danau Beratan, namun Danau Tamblingan dikelilingi oleh hutan dan udara yang sejuk. Dengan nuansa spiritual dan alam yang menyatu membuat Danau Tamblingan pantas untuk dikunjungi. Kamu akan mendapatkan suasana yang tenang, sejuk yang datang dari pepohonan dan akan jauh dari kebisingan.

Selain itu, ternyata Danau Tamblingan ini dulunya merupakan sebuah perkampungan penduduk yang berada di Gunung Lesung. Namun, penduduk tersebut memutuskan untuk terbagi ke empat wilayah. Walaupun begitu, mereka tetap bergantian untuk merawat dan membersihkan Danau Tamblingan.

Lalu, sepertikah apakah wujud Danau Tamblingan sekarang? Jika kamu penasaran dan segera ingin berkunjung, maka kamu perlu memperhatikan hal-hal penting dibawah ini.

Danau Tamblingan
Image via: https://www.instagram.com/roviraleix/

Lokasi dan Rute Jalan ke Danau Tamblingan

Untuk datang ke Danau Tamblingan, kamu perlu mengetahui dimana danau ini berada. Danau Tamblingan yang berarti obat dan kemampuan spiritual ini berada di sebelah utara Gunung Lesung, Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali.

Lokasi danau ini cukup dekat dengan Danau Beratan yang dapat kamu kunjungi juga.

Untuk bisa sampai ke Danau Tamblingan ini, kamu bisa melewati beberapa jalur. Apabila kamu berangkat dari bandara Ngurah Rai, kamu akan menempuh jarak sekitar 2 jam perjalanan.

Dengan menyusuri jalan raya Bedugul menuju ke Singaraja lalu naik ke arah perbukitan hingga kamu melihat papan yang bertuliskan Danau Tamblingan. Kamu akan melewati Desa Pancasari, Desa Wanagiri dan Desa Munduk untuk bisa sampai ke Danau Tamblingan.

Untuk lebih detail, kamu dapat menggunakan peta google maps untuk melihat jalur dan lalu lintas agar tidak terkena macet.

Bingung cari penyewaan mobil di Bali, hubungi balioh aja!

Harga Tiket dan Jam Operasional

Sama dengan objek wisata lainnya, untuk dapat melihat keindahan dari Danau Tamblingan kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 per orang. Cukup terjangkau, kan? Selain itu dengan biaya tersebut kamu sudah bisa menikmati fasilitas seperti wisata camping ground danau tamblingan, dan wisata alam danau.

Dan kamu tidak perlu khawatir, karena danau tamblingan ini buka setiap hari selama 24 jam. Jadi, kamu dapat datang ke danau tamblingan kapan saja kamu mau.

Danau Tamblingan
Image via: https://www.instagram.com/baliguide_tour_renju/

Baca juga: Menikmati Wisata Pantai Kedungu Bali

Fasilitas di Danau Tamblingan

Seperti yang dijelaskan di atas, dengan harga Rp. 10.000 kamu sudah bisa menikmati segala fasilitas yang disediakan Danau Tamblingan. Seperti fasilitas untuk camping atau fasilitas untuk menikmati danau.

Namun, kamu tidak akan menemukan banyak fasilitas karena untuk menjaga kealamian dan tetap melestarikan danau tamblingan ini. Jadi, perlu di perhatikan, kamu sebaiknya membawa peralatan dari rumah, ya.

Lalu, seperti apa daya tarik dari danau tamblingan ini? Berikut penjelasannya.

Daya Tarik Dari Danau Tamblingan

Nah, daya tarik yang dimiliki danau tamblingan memang akan membuat kamu betah. Walau harus berjalan jauh, kamu tidak akan merasa sia-sia. Dengan pegunungan dan perairan yang menyatu, serta pepohonan yang membuat udara di sekitar danau tamblingan tetap sejuk. Ini akan cocok untuk kamu yang ingin menenangkan diri dari keramaian kota.

Danau tamblingan yang dingin di malam hari, selalu basah dari embun dedaunan pohon – sangat mendukung suasana alami di Danau tamblingan. Hal ini juga yang menjadi alasan bagi para wisatawan asing untuk menikmati keindahan alam secara langsung di danau tamblingan.

Tidak hanya itu, berikut beberapa daya tarik lainnya di Danau Tamblingan.

1. Danau Yang Indah Dan Unik Di Bali

Mengapa disebut unik? Karena danau tamblingan ini sendiri tercatat sebagai satu dari tiga danau kembar di Bali yang terbentuk dari letusan kaldera beberapa abad lalu.

Danau tamblingan memiliki pesona yang merupakan gabungan dari Danau dan Danau Beratan yang eksotis, spiritual dan menawarkan keindahan alam. Menarik, bukan?

 

 

pura di danau tamblingan
http://instagram.com/beatricepenso
Danau Tamblingan, Keindahan alam dan Spiritual Yang Harmonis 3
Image via: http://instagram.com/vanessa.himmelhan

2. Wisata religi pura di sekitar danau tamblingan

Tak hanya itu, kamu juga dapat menemukan berbagai pura suci di sekitar danau tamblingan. Bagaimana rasanya beribadah ditemani dengan alam yang indah?Pura-pura tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pura Dalem Tamblingan
  • Pura Endek
  • Pura Ulun Danu dan Sang Hyang Kangin
  • Pura Sang Hyang Kawuh
  • Pura Gubug
  • Pura Naga Loka
  • Pura Tirta Mengening
  • Pura Embang
  • Pura Pengukiran
  • Pura Batu lepang, dan
  • Pura Tukang timbang
Danau Tamblingan
Image via: http://instagram.com/vanessa.himmelhan

Bagaimana, tertarik mengunjungi danau tamblingan? Tidak sampai disini, kamu dapat menemukan hal menarik lainnya di danau tamblingan.Yuk simak selengkapnya.

Tempat Wisata Dekat Danau Tamblingan

Kamu akan menemukan tempat wisata menarik yang juga cocok untuk mengabdikan beberapa foto di kamera favoritmu. Seperti dibawah ini.

1. Ayunan Wanagiri

Apa itu ayunan wanagiri? Ayunan yang tergantung langsung dari dahan pohon besar yang di dukung dengan pemandangan indah dari danau tamblingan.Ayunan wanagiri ini berada di Dusun Yeh Ketipet, Desa Wanagiri, lebih tepatnya berada di jalur antara desa wanagiri ke desa munduk. Untuk bisa menikmati ayunan wanagiri, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000, cukup terjangkau, kan?

Danau Tamblingan
Image via: instagram.com/vanessa.himmelhan

2. Desa Munduk

Ada apa di Desa Munduk? Dengan suasana yang tenang, sepi dan udara yang sejuk akan sangat bagus untuk dinikmati sambil berjalan-jalan. Selain itu, kamu akan melihat perkebunan cengkeh dan kopi dengan latar belakang gunung yang menjulang.

Ini lah yang menjadi daya pikat tersendiri di Desa Munduk yang sangat sayang bila dilewatkan.

Danau Tamblingan
Image via: instagram.com/saikuberaphoto

Selain itu, ada beberapa tips penting yang perlu kamu perhatikan sebelum berkunjung ke Danau Tamblingan ini.

  • Usahakan kondisimu dalam keadaan fit – karena kamu akan melewati jalan yang berkelok dan sedikit tinggi. Jadi kamu harus siap sedia untuk tidak merasa mabuk dalam perjalanan.
  • Membawa perlengkapan sendiri – ini dimaksudkan, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk menjaga kelestarian dan kelamaian dari danau tamblingan ini.
  • Datang di pagi hari atau di musim penghujan – karena saat pagi hari, kamu akan menikmati keindahan danau tamblingan dengan udara sejuk dan cocok untuk membantumu memulai hari. Dan saat musim penghujan, kamu akan melihat pura-pura di sana seakan mengapung diatas air.
  • Tetap jaga kebersihan di sekitar danau tamblingan – seperti yang dijelaskan bahwa penduduk disekitar saling bergantian untuk merawat dan membersihkan kawasan danau tamblingan ini. Maka, kamu perlu juga menghormati mereka yang sudah membiarkan kamu berkunjung ke kawasan mereka.
  • Tidak melanggar etika saat berada di danau tamblingan – karena penduduk disekitarnya akan sangat marah pada pengunjung yang berniat untuk merusak danau tamblingan.

Nah, itulah beberapa hal menarik di danau tamblingan yang perlu kamu ketahui. Perhatikan beberapa hal penting juga tetap jaga barang bawaan kamu, ya.

Jangan lupa membawa kamera favorit kamu untuk mengabdikan moment menarik, semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menghabiskan hari liburmu.

Average rating / 5. Vote count:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.