Taman Nasional Bali Barat Nan Kian Memikat

Pemandangan Semenanjung Menjangan yang terletak di Taman Nasional Bali Barat
Pemandangan Semenanjung Menjangan yang terletak di Taman Nasional Bali Barat

Best Top 100 Destination

Taman Nasional Bali Barat (TNBB) mendapat penghargaan “Best Top 100 Destination” untuk kategori Best of the Planet se-Asia Pasifik dalam ajang pameran wisata dunia Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin di Palais am Funkturm, Jerman, pada Rabu (7/3/2018).

Bersama Thailand, TNBB menjadi wakil Asia Tenggara (ASEAN) yang berkibar di ITB Berlin. Memenuhi kriteria penilaian berdasarkan kualitas, daya tarik, dan keberlanjutan destinasi dalam industri pariwisata sehingga layak diapresiasi.

Ada lima taman nasional lain di sekitar TNBB yaitu Baluran (Situbondo), Alas Purwo (Banyuwangi), Meru Betiri (Banyuwangi/Jember). Selain itu, ada juga Taman Wisata Alam Kawah Ijen (Banyuwangi dan Bondowoso), juga Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru di wilayah Pasuruan, Malang, Lumajang, hingga Probolinggo.

Lokasi dan Rute Jalan Menuju Taman Nasional Bali Barat (TNBB)

Menukil laman Foresteract.com, TNBB berada di wilayah administrasi kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng; dan kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali. Tepatnya sekitar 60 km ke arah barat laut dari Ibu Kota Bali, Denpasar.

Kawasan yang telah ditetapkan sebagai World Heritage Site (Situs Warisan Dunia) ini memiliki luas 19.002,89 hektare. Di dalamnya berpadu dua ekosistem, darat dan laut.

Jika kamu berangkat dari kota Denpasar, maka kamu akan menempuh sekitar 3 jam atau sama dengan 60 kilometer untuk sampai ke Taman Nasional Bali Barat. Untuk rute yang dapat kamu ambil, kamu bisa memilih dari beberapa rute. Seperti berangkat dari jalur utara lalu melalui Jl. Raya Gilimanuk menuju Singaraja sepanjang pantai utara pulau batik. Atau kamu bisa mengambil Jalur selatan menuju jalan raya Gilimanuk lalu ke Denpasar.

Selain itu, jika kamu berangkat dari Jalan Raya Gilimanuk kamu bisa melalui Jalan Raya cekik menuju Seririt lalu ke Singaraja dengan jarak sekitar 85 kilometer. Atau mengambil Jalan dari Surabaya ke Banyuwangi lalu menuju ke Ketapang.

Kamu yang berasal dari pulau Jawa juga dapat langsung menuju ke Taman Nasional Bali Barat dengan menyeberangi selat Bali ke Gilimanuk menggunakan kapal feri dengan 30 menit waktu perjalanan. Kamu tidak perlu khawatir, karena kapal penyeberangan feri ini dapat beroperasi selama 24 jam. Setelah itu kamu dapat melanjutkan perjalanan ke Jalan Cekik dengan menggunakan bus.

Harga Tiket Masuk ke Taman Nasional Bali Barat

Untuk dapat memasuki Taman Nasional Bali Barat ini, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp. 2.500 per orang untuk wisatawan lokal dan Rp. 20.000 per orang untuk wisatawan asing. Cukup murah, kan?

Baca juga: Sewa Mobil Matic Murah

Dan juga taman nasional ini dibuka setiap hari senin hingga minggu, mulai dari pukul 08.00 hingga jam 18.00 wita. Jadi kamu dapat datang setiap hari, terutama untuk menghabiskan hari libur.

Fasilitas yang Disiapkan TNBB

Jangan pulang dulu, walau sedikit menempuh jarak yang jauh, kamu akan disuguhi beberapa fasilitas yang dapat kamu gunakan. Dengan harga tiket yang terjangkau, apa saja bisa kamu gunakan. Berikut beberapa fasilitas yang telah disediakan oleh Taman Nasional Bali Barat.

  1. Pusat informasi,
  2. pondok,
  3. rumah makan,
  4. perahu motor,
  5. menara pengamatan,
  6. wisata cinta alam,
  7. penangkaran jalak bali,
  8. tempat untuk berkemah,
  9. peralatan menyelam, dan sebagainya yang dapat kamu nikmati selama berkunjung ke Taman Nasional Bali Barat.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan paket wisata untuk memudahkan liburan kamu selama di Taman Nasional Bali Barat. Seperti dibawah ini.

1. Paket wisata trekking di Taman Nasional Bali Barat

Paket ini akan membawamu berkeliling selama 3 sampai 4 jam, sambil melihat burung jalak Bali, kijang, Lutung, monyet ekor panjang, dan ayam hutan. Ini akan cocok buat kamu yang sangat ingin melihat dan bermain bersama satwa di Taman Nasional Bali Barat.

image via: https://www.instagram.com/plataranresorts/
image via: https://www.instagram.com/plataranresorts/

Baca juga: Tanah Lot, Keindahan Matahari Terbenam Pulau Bali

2. Paket wisata menyelam di Pulau Menjangan Taman Nasional Bali Barat

Jika kamu memilih paket ini, kamu akan diajak menyelam di teluk menjangan dan kamu dapat melihat secara langsung terumbu karang dan biota laut lainnya.

Habitat burung Jalak Bali dan satwa lainnya

Taman Nasional ini juga menjadi tempat bagi satwa terutama bagi burung jalak bali. Karena memang taman ini dibangun dengan tujuan melestarikan burung jalak bali. Hal ini dikarenakan burung jalak telah masuk dalam kategori hewan yang hampir punah. Untuk melihat mereka, mereka biasanya berkumpul di semenanjung prapat agung.

Tak hanya burung jalak bali, terdapat beberapa spesies seperti jalak putih, jalak suren, ibis putih kepala hitam, cerek jawa, wili-wili besar, dan bangau tong tong. Kamu dapat menemukan berbagai jenis lainnya selama berkunjung di Taman Nasional Bali Barat ini.

Ternyata, tak hanya burung yang terdapat ditaman ini, kamu juga dapat menemukan satwa lain seperti, kijang, landak, trenggiling, kancil, ikan duyung, ikan hiu, penyu sisik, penyu hijau hingga biawak dan masih banyak lagi. Bagaimana, menarik, bukan?

Image via: www.instagram.com/forest.warrior
Image via: www.instagram.com/forest.warrior

Kawasan Wisata di dalam TNBB

Ternyata, tidak hanya itu loh. Di dalam taman nasional bali barat ini juga memiliki kawasan wisata. Penasaran? Yuk simak selengkapnya.

  • Pura Pulaki
  • Sumber air panas
  • Terumbu karang
  • Candi taman sari dan pura
  • Pusat penangkaran jalak bali
  • Wisata landscape dan pulau dan masih banyak lagi.
Image via: www.instagram.com/turisbanyuwangi
Image via: www.instagram.com/turisbanyuwangi

Baca juga: Menikmati Wisata Pantai Kedungu dan Air Terjunnya

Image via: www.instagram.com/taste.the.paradise
Image via: www.instagram.com/taste.the.paradise

Nah, tunggu apa lagi segera kunjungi Taman Nasional Bali Barat ini dan menemukan jalak bali yang hampir tidak dapat kamu temui. Selain menarik, kamu juga akan mendapatkan edukasi penting loh.

Jangan lupa bawa kamera favorit kamu dan selamat menikmati liburan.

Average rating / 5. Vote count:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.